Kaset (Cartridge) Nintendo

Pada tulisan kali ini saya akan mengulas mengenai teknologi game dari segi media, tulisan ini sendiri saya buat untuk memenuhi tugas kuliah saya dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Game. Lebih tepatnya saya akan mengulas mengenai media penyimpanan permainan pada video permainan yang banyak digemari waktu jaman dahulu (kira-kira terkenal pada dekade 1990-an awal) yaitu berupa kaset atau cartridge pada console permainan Nintendo Entertainment System (NES), saya pribadi sempat menggemari console permainan ini pada saat menginjak sekolah dasar. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari wikipedia (sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Nintendo_Entertainment_System) mengenai console permainannya sendiri, console permainan ini (NES) bergerak pada video 8-bit.

Kaset atau cartridge pada console permainan Nintendo Entertainment System ukurannya lebih besar dan lebih berat apabila dibandingkan dengan media penyimpanan permainan console-console permainan pada masa sekarang yang kebanyakan berupa kepingan CD atau DVD. Ukuran pada cartridge Nintendo Entertainment System (berdasarkan info yang saya dapatkan dari sumber) setinggi 13,3 cm, dengan lebar 12 cm dan memiliki ketebalan 2 cm. Walaupun dari segi bentuknya yang besar dan lebih berat dibandingkan media-media penyimpanan permainan pada konsol permainan masa sekarang, ada satu kelebihan yang dimiliki oleh cartridge Nintendo Entertainment System yaitu sulitnya media penyimpanan ini untuk diduplikasi ulang atau dibajak, oleh karena itu untuk satu cartridge saja harganya pada masa-masa console Nintendo Entertainment System terkenal bisa mencapai lebih dari 40 ribu rupiah, bandingkan dengan harga dvd bajakan console permainan PS2 sekarang mungkin harganya hanya 6 ribu atau 10 ribu saja, he he😀.

Kaset-kaset permainan pada console Nintendo Entertainment System lebih banyak dibuat atau didominasi oleh perusahaan yang berkembang dalam video games yang berasal dari Jepang, yaitu Konami. Permainan yang paling terkenal selain Super Mario Bros adalah Contra, gambar dan bentuk cartridge Nintendo Entertainment System :

Super Mario Bros

Contra

Selain 2 permainan yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi permainan-permainan yang terkenal seperti Street Fighter, Combat, Duck Hunt, Prince of Persia, The Legend of Zelda dan masih banyak lagi. Sebenarnya setiap satu cartridge atau kaset pada console Nintendo Entertainment System tidak harus berisi satu permainan saja, bahkan ada beberapa cartridge yang memiliki 2 permainan atau lebih. Namun kalau soal grafik gambar yang dihasilkan tentunya masih dalam tampilan 2 dimensi. Lalu ada beberapa letak posisi untuk memasukkan cartridge pada console permainan Nintendo Entertainment System, yang pertama kita harus membuka penutup pada console permainan yang terletak pada posisi depan (untuk versi Nintendo Entertainment System awal) dan yang kedua lokasi tempat cartridge berada di atas console permainan (untuk versi Nintendo Entertainment System yang mirip dengan console Sega).

16 thoughts on “Kaset (Cartridge) Nintendo”

  1. Duh, yang paling awal itu apakah merupakan kaskuser?

    Ya sudah, saya cukup senang di Paige-wan (Page-1) saja..

    Ada yang tahu atau mungkin masih punya Catridge tersebut dan tidak digunakan?

    Mungkin mau menghibahkannya ke saya? Saya tampung.

    Terima kasih.

  2. Wah jd inget Masa2 waktu SD dulu.. NES 8-Bit Masih ada ama Kaset2nya yg tinggal 10 biji di gudang.

    Super Mario Bros
    Street Fighter II The World Warrior
    Street Fighter III
    Super Blaster V Turbo 20
    Turtles II
    Turtles III
    The Legend of Zelda
    The Legend of Kage
    Zanac
    Robocop
    Double Dragon II
    Ninja Gaiden II
    Super Contra

    Klo ada Yg Minat Angkut dah

    1. gan masih ada gan kaset2nya semua? terutama super contra? klo ada ane angkut deh..sms ane di hp 081310391234 ya gan..

      1. ha ha sayang banget gan udh hilang entah kemana, kenapa ga coba main di pc saja pakai emulator gitu kalau mau nostalgia dengan nintendo

  3. br aj maen 8 bit neh,but mesinya br beli merknya bkn nintendo but purestation haha..lumayan buat nostalgia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s