Meningkatnya Akses Internet untuk Rumah

Saat ini yang namanya internet sudah menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat umum, bahkan bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang, yang tentunya dalam kehidupan hari-harinya tidak dapat terlepas dari yang namanya koneksi internet, baik untuk urusan bisnis, hiburan, atau dalam hal mencari informasi yang berkaitan dengan edukasi.

Ditambah kini makin meningkatnya situs-situs social network seperti facebook dan myspace serta microblogging layaknya twitter yang lebih banyak diakses oleh kalangan remaja maupun dewasa. Selain situs social network yang sering digunakan masyarakat untuk saling berhubungan di dunia maya juga terdapat forum atau blog yang bertujuan mendorong masyarakat untuk berbisnis atau jualan online, sehingga pengguna yang ingin mengakses internet pun semakin banyak, dan tentunya agar masyarakat dapat mengakses internet tanpa perlu keluar rumah seperti pergi ke warung internet (warnet) atau mengandalkan koneksi di kanto, kini banyak provider atau penyedia jasa layanan internet (ISP) saling berlomba untuk memberikan jasa atau pelayanan koneksi internet di rumah.

Contoh yang paling nyata dan dirasakan oleh penulis sendiri, yaitu dengan berlangganan Telkomspeedy. Telkomspeedy menggunakan jenis ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), dari info yang saya dapatkan dari wikipedia (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/ADSL), ciri khasnya adalah data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Selain jenis ADSL juga terdapat jenis EVDO (Evolution Data Only).

Perbedaan yang mendasar antara jenis ADSL dengan jenis EVDO, dapat terlihat dari teknologi yang digunakan, pada jenis ADSL menggunakan modem (pada modem jenis ini umumnya terdapat 4 lampu indikator di depan yaitu lampu power, ADSL, internet, dan LAN) yang sebelumnya dihubungkan ke splitter, splitter ini berguna untuk menghubungkan kabel antara modem dan line telepon ke jaringan kabel telepon dari perusahaan telepon, pada contoh kasus ini misalnya PT. Telkom dengan jaringan koneksi internetnya Telkomspeedy. Splitter ini fungsi sesungguhnya adalah untuk menghindari gangguan pada saat pengguna dalam mengakses internet menggunakan modem jenis ADSL, jadi ketika pengguna sedang mengakses internet dan tiba-tiba ada telepon masuk atau sedang ingin menggunakan telepon tidak akan mengganggu aktivitas atau koneksi internet yang sedang digunakan, dapat diartikan splitter ini memisahkan fungsi jaringan data dengan jaringan komunikasi (voice).

Sedangkan pada jenis EVDO, yang merupakan standart pada wireless broadband (info dari wikipedia – http://id.wikipedia.org/wiki/EV-DO), tentunya teknologi yang digunakan berupa modem seperti flashdisk ataupun perangkat mobile (handphone), jadi untuk mengoneksikan internet tanpa perlu bantuan jaringan ke kabel seperti pada jenis ADSL. Biasanya berdasarkan pengalaman dari rekan-rekan yang menggunakan jenis EVDO ini, semakin dekat dengan BTS (Base Transceiver Station) maka makin cepat juga koneksi internet yang akan didapatkan atau diterima, contoh produk dari jenis EVDO ini seperti mobi, smart, dan yang terbaru AHA.

Untuk memasang atau ingin menggunakan koneksi internet dengan jenis ADSL, biasanya pengguna sebelum mendaftarkan diri ke ISP harus memiliki jaringan telepon (atau nomor telepon) terlebih dahulu kemudian memiliki modem dan splitter, sedangkan apabila ingin menggunakan koneksi internet dengan jenis EVDO cukup dengan membeli modem wireless dan sudah terdaftar pada ISP.

Kelemahan pada jenis ADSL, dari info yang saya dapat dari wikipedia, tidak semua sistem operasi dapat menggunakan jenis ini, contohnya Mac OS, selanjutnya apabila jarak koneksi pada modem ADSL dengan tiang Telkom (perusahaan komunikasi) atau jarak antara modem dengan PC  maka koneksi yang diterima pun semakin berkurang, dan tentunya modem jenis ADSL ini tidak dapat dibawa-bawa ke mana-mana secara mudah layaknya pada jenis EVDO yang sudah bersifat wireless. Sedangkan pada jenis EVDO kelemahannya dapat diketahui dari jarak antara BTS dengan modem, apabila semakin jauh jaraknya maka koneksi yang didapat pun semakin berkurang, serta bila di suatu daerah yang ditinggali belum mendapatkan jaringan akses internet EVDO, maka untuk menggunakan jenis EVDO ini belumlah direkomendasikan.

9 thoughts on “Meningkatnya Akses Internet untuk Rumah”

  1. Meningkatkannya akses internet untuk rumah di karenakan efek dari arus globalisasi. kalo menurut saya masyarakat sekarang memandang internet lebih dari sekedar gudang informasi melainkan sabagai dunia baru di mana di sana mereka menemukan cara baru dalam soal berinteraksi,mengembangkan diri hingga mencari nafkah

    Di tunggu kunjungan baliknya sobat jangan lupa kasih komentar. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s