Mengamankan save password pada Mozilla Firefox

Sebenarnya metode ini berguna untuk anda yang suka login ke akun yang anda miliki (seperti facebook, friendster, dan lain-lainnya) kemudian melakukan save password pada situs tersebut, seperti yang sering saya lakukan di komputer saya, karena saya pikir toh yang membuka saya ini dan anggota keluarga, tidak ada orang lain lagi jadi tidak ada masalah kan. Tapi bagaimana jika ada teman atau siapa pun yang sedang ingin broswing dengan komputer atau laptop yang anda miliki, bisa gawat juga kan kalau-kalau ada yang iseng login dengan akun anda, he he.

Dan langkah ini hanya berguna pada browser Mozilla Firefox (versi yang saya coba 3.5.x), caranya klik Tools pada menubar di Mozilla lalu pilih Option. Lalu pada Option pilih tab Security, nah di sana ada tulisan Use Master Password, centang saja lalu isi password yang paling aneh terserah anda tentunya, kemudian klik Ok jika telah selesai.

Option

Master Password

Nah kalau sudah begini jika setiap membuka baru browser Mozilla Firefox dan bila anda membuka sebuah situs, misalnya seperti facebook yang sebelumnya sudah ter-save password, maka akan tampil kolom seperti ini.

Selanjutnya anda tinggal mengisi password sesuai dengan yang telah anda masukkan pada saat mengatur Master Password tadi, kolom tersebut hanya akan tampil pada saat pertama kali membuka browser saja kok dan tidak setiap membuka situs yang terdapat akun yang telah ter-save password (ribet ya ngomongnya :P). Kecuali kalau anda salah memasukkan password tersebut maka akan selalu tampil tuh kotak password.

Hal ini juga berguna bila ada yang iseng membuka-buka “View page info” di klik kanan browser, kan biasanya ada tuh yang suka membuka page info apakah ada password yang tersimpan atau tidak, jika iya tinggal di klik View Saved Password saja kan. Tapi jika anda sudah melakukan Master Password, bila ada yang ingin membuka atau show password maka akan tampil kotak dialog seperti gambar di atas.

Page Info

Selamat mencoba kalau ada yang belum tahu😀.

6 thoughts on “Mengamankan save password pada Mozilla Firefox”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s