Manfaat E-Commerce Bagi Pengguna Bisnis Online

Ketika internet semakin maju, para pengguna internet yang tertarik dan bergerak dalam bidang bisnis pun semakin dapat meningkatkan pendapatan mereka. Karena dengan berbisnis secara online atau yang sering disebut dengan istilah e-commerce, pengguna bisnis online dapat memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan mudah, bebas, dan berdampak luas. Arti luas yang saya maksudkan adalah dapat diterima dan diakses oleh siapa saja serta kapan saja. Kini pebisnis atau pihak yang menawarkan produk dan jasa tidak perlu repot-repot lagi seperti menyebarkan pamflet dan mengeluarkan uang banyak untuk membuat iklan. Jika masih dalam skala yang kecil atau menengah, pengguna bisnis online dapat menawarkan produk dan jasanya dengan cara mendaftar ke dalam forum-forum jual beli serta aktif di dalam forum tersebut untuk memasarkan hasil jualan mereka. Jika sudah masuk ke skala besar, biasanya pengguna bisnis online membuat blog atau website untuk memasarkan produk dan jasa mereka, serta memasang banner-banner berupa iklan di forum atau website lain yang dapat menarik minat calon konsumen untuk masuk ke blog atau website pengguna bisnis tersebut.

E-commerce sendiri memiliki beberapa manfaat, selain dapat meningkatkan dari segi pendapatan seperti yang saya bahas di atas, juga dapat meningkatkan kepercayaan antar pengguna bisnis online untuk melakukan transaksi, karena dengan kepercayaan transaksi secara online ini dapat menghemat biaya transportasi untuk melakukan transaksi jual beli dibandingkan dengan transaksi jual beli dengan pertemuan secara langsung di tempat. Sebab sebelumnya melalui media di internet sepeeti forum atau website, pihak yang menawarkan produk atau jasa telah menjabarkan secara jelas melalui postingan dalam media internet tersebut bagaimana kondisi fisik barang yang ditawarkan melalui foto atau gambar dan harga yang ‘dipatok‘ dari barang yang dijual tersebut, lalu konsumen yang mengakses melihat postingan dalam media internet itu dapat melihat serta menimbang-nimbang bagaimana barang yang akan dibeli cocok atau tidak. Dengan hal seperti inilah yang dapat meminimalis biaya transportasi dalam transaksi jual beli.

Selain beberapa manfaat yang saya sebutkan di atas, juga dapat meningkatkan persaingan berbisnis di Indonesia secara ‘sehat’, karena dengan daya saing yang tinggi, para pengguna bisnis online juga tentunya dapat saling meningkatkan kualitas dari produk yang ditawarkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik serta dapat menarik minat konsumen untuk membelinya dan tidak merasa kecewa dari produk-produk yang ditawarkan. Hal seperti ini dapat membuat Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk semakin maju dalam berkarya dan berbisnis tentunya dalam bisnis secara online.

11 thoughts on “Manfaat E-Commerce Bagi Pengguna Bisnis Online”

  1. Memang sudah saatnya UMKM di negeri kita untuk mulai memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. terima kasih telah berbagi…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s