Dampak Bisnis dari Kedatangan Obama dan Kejadian Gunung Merapi

Barack Obama

Pada tulisan ini saya akan membahas mengenai dampak bisnis dari kedatangan Presiden Amerika Serikat saat ini yakni Barack Obama dan akibat dari tragedi meletusnya Gunung Merapi yang masih menjadi berita hangat hingga saat ini. Pertama saya akan membahas mengenai Barack Obama terlebih dahulu, pada tanggal 10 November lalu Presiden Amerika Serikat ini akhirnya dapat juga datang ke Indonesia setelah dua kali tertunda. Kedatangannya kali ini untuk mempererat hubungan bilateral antara negara Indonesia dan Amerika Serikat. Diharapkan kedatangan dari Presiden Barack Obama dapat meningkatkan kerja sama dari sektor bisnis dalam perdagangan ekspor dan impor dengan Indonesia, dapat diketahui negara kita banyak mengimpor dari Amerika Serikat dalam perindustrian mesin dan teknologi sedangkan dalam hal ekspor ke negara Amerika Serikat, negara kita lebih banyak mengekspor dalam bentuk minyak dan gas bumi, karena kedua hal tersebutlah yang menjadi andalan ekspor negara kita ke negara lain termasuk Amerika Serikat. Namun tidak menutup kemungkinan juga usaha kecil menengah yang dibangun dan dikerjakan oleh pengusaha-pengusaha Indonesia nantinya dapat berdampak lebih baik untuk meningkatkan daya ekspor ke negara Amerika Serikat.

Selain dari segi perdagangan rencananya Presiden Barack Obama juga akan meningkatkan hubungan perekonomian dengan Indonesia dalam hal perbankan (sumber : http://www.bisnis.com/berita-populer/1id219351.html), selain itu menurut informasi yang saya baca di vivanews  (sumber : http://headlines.vivanews.com/news/read/188133–pidato-depok–obama-dan-kepentingan-amerika) diharapkan hubungan kerjasama dalam hal perekonomian dapat ditingkatkan melalui kerjasama antara peneliti Indonesia dengan Amerika Serikat serta kerjasama antara wirausahawan oleh Indonesia dengan Amerika Serikat, agar sektor bisnis yang terus berkembang bukan hanya dari kalangan pebisnis atas saja tetapi dapat menjangkau sampai pebisnis kalangan menengah juga.

G. Merapi

Berlanjut ke pembahasan mengenai tragedi yang menimpa di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu meletusnya Gunung Merapi, sebenarnya banyak kejadian-kejadian yang menimpa negeri tercinta Indonesia pada tahun ini, namun yang saya bahas kali ini terbatas pada dampak bisnis atau perekonomian yang terjadi di Gunung Merapi saja. Menurut saya dampak yang terjadi dari peristiwa ini lebih banyak ke sisi negatifnya, karena banyak kegiatan-kegiatan perekonomian yang harus tertunda oleh akibat awan panas, sisa-sisa abu vulkanik yang jatuh bertebaran di sekitar wilayah Gunung Merapi, serta banjir lahar dingin yang terjadi hingga mengakibatkan terputusnya jaringan transportasi. Contoh kegiatan perekonomian yang harus tertunda akibat kejadian-kejadian tersebut misalnya seperti kegiatan jual beli antara pedagang dan pembeli di pasar, gagal panen dan rusaknya sawah akibat abu vulkanik, serta terputusnya jalur transportasi yang mengakibatkan berhentinya juga kegiatan usaha transportasi yang berjalan.

Selain dampak-dampak perekonomian yang saya sebutkan sebelumnya yang paling berdampak negatif dalam bidang bisnis lainnya adalah dalam hal kepariwisataan, karena dalam bidang kepariwisataan jugalah kota Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal di kalangan masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dan dari berhentinya kegiatan kepariwisataan ini juga berdampak ke kegiatan perdagangan yang selalu ada pada tempat-tempat wisata. Akibat dari abu vulkanik yang terus berjatuhan mengakibatkan dua candi yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur harus menghentikan aktivitas wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Karena pada kedua candi tersebut harus ditutupi dengan penutup (selimut) agar tidak mengotori dan tidak merusak struktur fisik dari candi-candi tersebut. Ditambah dengan terhentinya atau jadwal yang tertunda dari segi transportasi udara dapat menurunkan sisi perekonomian dalam hal transportasi. Dengan keadaan seperti ini keinginan wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta dapat menurun sehingga berdampak pula dari segi bisnis di perhotelan dan restoran, semoga keadaan di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat cepat teratasi dan kembali normal supaya keadaan perekonomian yang tadinya terganggu akibat bencana dapat juga kembali normal seperti sebelum terjadinya bencana.

One thought on “Dampak Bisnis dari Kedatangan Obama dan Kejadian Gunung Merapi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s