Social Network Business

Kini masyarakat dapat memanfaatkan situs jejaring sosial untuk memasarkan hasil produk maupun jasa layanan yang ditawarkan kepada khalayak umum. Sebab kini social network atau jaringan sosial tidak terbatas penggunaannya sebagai media untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi terhadap teman ataupun kerabat saja, namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan minat masyarakat yang cukup besar untuk menggunakannya, mulai banyak perusahaan yang ikut serta mempromosikan produk atau jasa layanan untuk dipasarkan melalui media jaringan sosial. Semakin jaringan sosial tersebut banyak dikunjungi, semakin besar pula peluang usaha yang dipromosikan lewat jaringan sosial tersebut, contoh jaringan sosial yang paling sering dibuka oleh pengguna internet adalah facebook, myspace, twitter, dan friendster.

Biasanya di dalam jaringan sosial terdapat grup atau halaman khusus bagi perusahaan bisnis atau merk dagang tertentu, seperti pada facebook, banyak perusahaan yang memanfaatkan fasilitas ini untuk membantu mempromosikan produk atau jasa layanan yang ditawarkan. Jika suatu grup pada perusahaan tertentu atau merk dagang tertentu memiliki pengguna facebook yang menyukai halaman grup tersebut, maka kesempatan pun cukup tinggi untuk memasarkan produk kepada user, karena hanya dengan memberitahu informasi mengenai perusahaan atau merk dagang tertentu di halaman info dan sering melakukan update informasi (biasanya hasil update informasi akan tampil secara otomatis di beranda atau home pengguna facebook) maka pengguna dapat mengetahui apa dan bagaimana produk tersebut ditawarkan.

Selain menggunakan fasilitas grup atau halaman khusus bagi perusahaan, perusahaan dapat juga menggunakan iklan di dalam media jaringan sosial tersebut, biasanya setiap membuka suatu aplikasi yang sudah terintegrasi di dalam jaringan sosial, contohnya permainan yang terdapat di dalama facebook selalu ada iklan-iklan yang terpasang di sisi kanan atau di sisi bawah layar permainan, bila tertarik pengguna facebook dapat melakukan klik pada gambar atau tulisan iklan yang dituju untuk menuju situs penyedia iklan tersebut. Untuk jaringan sosial seperti friendster menurut penulis masih mirip dengan facebook namun untuk jumlah kunjungan dan peminat pengguna internet, situs jejaring facebook masih lebih unggul dalam hal jumlah pengguna dan jumlah kunjungan per harinya, sedangkan jaringan sosial seperti myspace, lebih banyak dipromosikan oleh musisi-musisi untuk memasarkan album atau lagu yang mereka nyanyikan. Untuk jaringan microblogging, seperti twitter perusahaan dapat meningkatkan promosi lewat twit yang mereka update di akun perusahaan tersebut, ditambah lagi bila produk atau perusahaan tersebut menjadi trending topic di suatu saat, maka keingintahuan dan minat pengguna twitter lainnya pun semakin tinggi untuk tertarik.

Di Indonesia social network yang paling terkenal dan sering digunakan adalah Forum Jual Beli seperti yang terdapat dalam komunitas atau forum internet Kaskus. Forum Kaskus sendiri memiliki jumlah member yang banyak, tentunya salah satu subforum yang paling sering dikunjungi adalah Forum Jual Beli. Di FJB setiap member dapat saling berjualan atau jika ingin membeli suatu barang melalui sebuah postingan, biasanya pembuat postingan disebut dengan TS (Thread starter), di dalam postingan awal penjual dapat mempromosikan barang sebaik-baiknya agar member yang lain bila melihat dapat tertarik, biasanya selain harga juga sudah disertai gambar untuk mendukung produk yang ditawarkan ke calon pembeli.

10 thoughts on “Social Network Business”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s