Grup A, Prancis pun tersingkir

Akhirnya penyisihan grup A dan grup B di Piala Dunia 2010, Afrika Selatan, telah telah berakhir, tinggal menunggu beberapa pertandingan dari masing-masing grup yang tersisa sebelum melangkah ke babak 16 besar yang akan dilakukan dengan sistem gugur. Dan sang tuan rumah sendiri, Afrika Selatan harus tersingkir dari babak penyisihan grup setelah pada pertandingan kemarin dapat mengalahkan tim yang berjuluk “ayam jantan”, Prancis dengan skor 2-1, yang sebelumnya di babak pertama tim Afrika Selatan dapat unggul dengan skor 2-0, yang kemudian di babak kedua Florent Malouda dapat memperkecil ketinggalan menjadi 2-1. Pada babak pertama salah satu pemain Prancis mendapatkan kartu merah yang diberikan kepada Yoann Gourcuff.

Namun meski timnas Afrika Selatan dapat memenangi pertandingan, mereka masih kalah selisih gol dengan Meksiko yang sama-sama mengumpulkan 4 poin, yang selama 3 pertandingan di grup A pernah menang, seri, dan kalah masing-masing satu kali. Meksiko sendiri pada pertandingan kemarin, mengalami kekalahan oleh timnas Uruguay dengan skor 1-0, satu-satunya gol ini dicetak oleh Luis Suarez. Dengan hasil ini maka Uruguay memimpin grup A dengan poin sebanyak 7. Diikuti oleh Meksiko sebagai runner-up.

Pada babak selanjutnya Meksiko akan bertemu runner-up dari grup B, yaitu Korea Selatan, sedangkan Meksiko akan bertemu dengan sang favorit juara Argentina. Khusus untuk Prancis, saya sendiri sudah menduga bahwa timnas Prancis akan tersisihkan di babak-babak awal. Lolos ke Piala Dunia 2010 dengan hasil kontroversial di babak play-off (pula) saat melawan Republik Irlandia, gara-gara sebelum terjadinya gol penentuan yang membuat tim Prancis lolos, Henry sempat menyentuh bola sebelum memberikan umpan ke Gallas untuk mencetak gol.

Bahkan meski berangkat ke Afrika Selatan dengan koleksi pemain yang cukup mumpuni dengan bertaburnya bintang di liga-liga kelas atas Eropa apalagi bersatus eks-juara dunia 1998 dan juara Eropa 2000, Prancis tetap saja tidak dapat memaksimalkan permainannya. Bahkan pada pertandingan uji coba terakhir sebelum sampai di Afsel, Prancis sempat dikalahkan oleh tim yang tidak lolos ke Piala Dunia 2010, yaitu Cina dengan skor 1-0. Seperti mengulang kejadian di Piala Dunia 2002, ketika itu Prancis juga harus pulang lebih awal, namun yang sedikit berbeda kali ini Prancis bisa menyarangkan satu gol dibandingakan delapan tahun lalu Prancis tidak dapat mencetak gol sama sekali😆. Entah kenapa Prancis tetap mempertahankan sang pelatih Raymond Domenech, meski pada Piala Eropa lalu dia sudah gagal melatih Prancis kembali, ya walaupun 4 tahun lalu dia sempat membawa Prancis sampai ke babak final yang akhirnya takluk oleh Italia melalui babak penalti. Namun setelah saya membaca berita di berbagai situs yang sedang membahas Piala Dunia 2010, terdapat kondisi yang tidak baik di dalam tim, menyusul dipulangkannya sang ujung tombak Anelka, katanya sih gara-gara ribut dengan pelatih dan Anelka sendiri tidak mau minta maaf, yang kemudian pemain-pemain Prancis mogok dalam latihan resmi sebelum bertanding dengan Afrika Selatan. Yup, Prancis pun akhirnya harus pulang lebih awal, siapa tim besar selanjutnya yang akan menyusul Prancis he he😀.

Photo : http://www.fifa.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s