Iseng-iseng tentang Football Manager

Baru beberapa hari ini saya mulai lagi bermain Football Manager 2009, habis FM 2010 belum keluar sih. Gara-garanya setelah saya install ulang dengan sistem operasi yang baru, jadinya serba baru lagi nih deh program-programnya. Mau install PES (Pro Evolution Soccer) DVD-nya hilang entah ke mana😥. Saya mulai bermain game (simulasi menjadi manager klub untuk mengadu strategi dalam permainan sepakbola) ini sejak FM masih bergabung dengan CM 04 (Championship Manager 2004), karena dulu Eidos (CM) dan Sports Interactive (FM) masih bergabung. Sports Interactive mulai berdiri sendiri sejak tahun 2005 (kalau tidak salah).

Nah saya mulai beralih ke FM karena diberitahu oleh teman sekelas saya waktu kelas 2 SMA, katanya visual yang dihasilkan oleh FM lebih bagus daripada pendahulunya CM. Dan ternyata benar meski database yang dimiliki sepertinya sama.Waktu pertandingan kalau CM masih dengan bulat-bulatan dan ketika melihat profil pemain tidak ada fotonya, entah kalau CM yang sekarang ya, sudah tidak pernah mencoba lagi soalnya.

Setelah setahun lebih bermain dan telah menyelesaikan 3 atau 4 musim di Serie A bersama AC Milan, bisa sampai 4 musim karena setiap saya pulang sekolah dan libur selalu saya sempatkan untuk bermain game ini, alasan lainnya karena waktu itu di rumah belum ada internet he he he. Dan akhirnya lama-lama agak bosan juga. Sempat vakum beberapa tahun bermain CM atau FM sebelum mencoba lagi sekarang.

Kini klub yang saya lakoni adalah Real Madrid, pengen coba menjadi manager salah satu klub terkaya ini, lumayan dananya kan banyak untuk membeli pemain-pemain muda. Lagipula untuk merombak tim AC Milan rasanya sulit sekarang😥, gara-gara sudah terlalu banyak pemain tua, nanti deh setelah saya sukses dan menemukan banyak nama-nama pemain muda berbakat (rising star) baru balik ke AC Milan. Sejauh ini dalam mengawali musim saya sudah sukses membeli wing back Srna, Lassana Diarra, kiper Joao Carlos, penyerang Lavezzi, kalau penyerang muda berbakat di El Real sudah ada Bueno di tim Real Madrid B. FM 2009 yang saya install ini juga masih menggunakan patch yang lama, he he he. Kalau untu masalah formasi, saya lebih favorit ke 4-3-3 atau 4-4-2 diamond attacking, syaratnya anda harus punya sayap yang aktif dan bagus, serta untuk masalah umpan saya setting direct biar maknyus sampai ke ujung tombak, ha ha ha. Telah terbukti dengan sukses mengalahkan Valencia di ajang Supercopa de Espana yang mempertemukan juara musim sebelumnya di La Liga dan Copa del Rey.

Sebenarnya waktu mulai bermain lagi masih agak kaku juga, seperti masih pemula. Tapi lama-lama jadi biasa sendiri kok. Karena FM bukan permainan 1 atau 2 jam saja. Kalau mau cari patch yang baru bisa di http://www.footballmanager.com/index.php?p=patch atau http://www.google.co.id he he he😀.

2 thoughts on “Iseng-iseng tentang Football Manager”

Tinggalkan Balasan

