Gerhana Matahari, 22 Juli 2009

Hari ini tepatnya pada tanggal 22 Juli 2009, Indonesia bagian utara diprediksi oleh NASA akan dapat menyaksikan gerhana matahari total. Pernyataan ini didapat dari situs resmi NASA sendiri, gerhana matahari total ini akan melintasi separuh bagian bumi.

Bayangan umbral akan dimulai dari India lalu melintasi Nepal, Bangladesh, Bhutan, Myanmar dan Cina. Setelah itu akan berlanjut ke Kepulauan Ryuku (Jepang) dan akan berbelok ke tenggara melalui Samudera Pasifik.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Indonesia kemungkinan akan kebagian momen ini hanya di bagian utara wilayah Indonesia.

“A partial eclipse is seen within the much broader path of the Moon’s penumbral shadow, which includes most of eastern Asia, Indonesia, and the Pacific Ocean.”

Kalau menurut berita yang saya dapatkan dari okezone, gerhana matahari secara parsial ini akan terlihat di wilayah Aceh, Kalimantan Barat, Sumatera dan Sulawesi (menurut keterangan Kepala Observatorium Bosscha, Taufik Hidayat).

Bahkan sampai situs mesin pencari Google pun ikut mengabadikan momen (gerhana matahari total) ini dengan mengubah logo atau lambang Google yang biasanya menjadi seperti di bawah ini.

Google


2 thoughts on “Gerhana Matahari, 22 Juli 2009”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s