Brasil juara Piala Konfederasi 2009

Menurut saya pribadi, pertandingan final yang berlangsung pada dini hari tadi (29 Juni 2009), merupakan pertandingan terbaik sepanjang laga di kejuaraan Piala Konfederasi 2009 ini. Permainan yang ditunjukkan oleh Amerika Serikat pun mulai menunjukkan performa yang menanjak sejak mereka mengalahkan Mesir dengan skor telak 3-0. Setelah itu tim Amerika Serikat dapat menundukkan Spanyol dengan skor 2-0. Walaupun pada babak penyisihan sebelumnya timnas AS dapat ditundukkan dengan mudah oleh Brasil dengan skor yang telak, 3-0. Tapi tidak kali ini, Amerika Serikat bahkan pada babak pertama dapat mengungguli tim Brasil dengan skor 2-0.

Berawal dari gol Clint Dempsey, di menit ke-10 kemudian dilanjutkan oleh gol Landon Donovan di menit ke-27, gol yang kedua ini menurut saya sangat baik, karena serangan balik yang mereka terapkan cukup sempurna dengan memanfaatkan pemain belakang yang terlambat turun ke jantung pertahanan. Kedua gol tersebut tercipta melalui serangan balik, sungguh hal yang harus diperhatikan oleh Carlos Dunga, sampai sekarang menurut saya belum ada pemain yang benar-benar tepat mendampingi Lucio di bagian pertahanan.

Apalagi di bagian bek kiri, rasanya masih kehilangan sosok Roberto Carlos. Penggantinya yaitu Andre Santos rasanya, masih terlalu dipaksakan dan belum padu dengan tim. Daniel Alves ? mungkin lebih baik dari Santos tapi dia kan beroperasi di sektor kanan, dan di sektor kanan tersebut sudah diisi oleh Maicon. Dan yang paling kecewa kenapa setiap yang mengambil tendangan pojok di bagian kiri gawang selalu Maicon sih😥 , sudah jelas-jelas dia sepertinya tidak bisa, kenapa juga Elano tidak selalu dimainkan sejak awal, kan untuk bola-bola mati seperti ini dia cukup ahli.

Bahkan setelah Brasil kecolongan dua gol di babak pertama, permainan Brasil menjadi tidak teratur dan terlalu sering membuat pelanggaran, frustasi mungkin, he he he. Tapi bukan Brasil kalau tidak memiliki mental juara. Setelah babak kedua dimulai tepatnya di menit ke-46, Luis Fabiano membuktikan kelasnya dengan memperkecil keadaan menjadi 2-1. Permainan Brasil pun berubah, kali ini mereka bermain cukup tenang walaupun sesekali AS juga kadang-kadang melakukan serangan balik (seperti biasa😀 ).

Dan lagi-lagi Luis Fabiano mencetak gol keduanya sekaligus menjadikan dirinya sebagai top skor pada kejuaraan ini (5 gol). Setelah memanfaatkan bola yang ditendang oleh Robinho hanya dapat mengenai tiang gawang, yang kemudian disambut bola muntahan tersebuat oleh Fabiano dengan cara disundul di menit ke-74. Benar-benar bermental juara, akhirnya Brasil dapat menentukan kemenangannya setelah gol yang dihasilkan oleh sang kapten Lucio di menit ke-84 dengan memanfaatkan umpan silang dari tendangan pojok yang dilakukan Elano. Setelah menjuarai Copa Amerika dan Piala Konfederasi 2009, apakah Carlos Dunga juga akan meraih Piala Dunia 2010. Kalau itu sampai terjadi, berarti Dunga telah menorehkan prestasi yang luar biasa untuk Brasil.

Sampai sekarang belum ada timnas yang dapat meraih juara dunia di tahun selanjutnya, setelah tim tersebut menjuarai Piala Konfederasi. Apakah Brasil dapat mematahkan kutukan tersebut, kita lihat saja nanti.Soalnya Brasil selalu menjadi tim favorit saya😀 .

Brasil juara Piala Konfederasi 2009

Pertandingan lengkap selama Piala Konfederasi dan info lengkap lainnya di sini lihat ya, he he he.

Sumber : FIFA

One thought on “Brasil juara Piala Konfederasi 2009”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s