Spanyol hampir saja tertahan oleh Irak

Pada pertandingan laga kedua yang dilakoni oleh Spanyol saat menghadapi Irak di Grup A cukup membuat lini depan Spanyol frustasi, hal ini dikarenakan tembok pertahanan yang dibuat oleh Irak cukup rapat. Ditambah penjagaan gawang yang sulit ditembus oleh kiper Irak, Mohammed Kassid.

Sejak awal di babak pertama sebenarnya Spanyol selalu mendominasi permainan, namun banyak sekali peluang emas yang gagal menghasilkan gol. Hal itu terjadi karena seringnya tembakan langsung yang tidak menemui sasaran alias melebar, dan rapatnya tembok pertahanan Irak juga menjadi penentu gagalnya serangan yang dilancarkan oleh Spanyol.

Pada starting line up yang ditentukan oleh Del Bosque sedikit berbeda dengan tim saat melawan tim Selandia Baru. Kali ini Del Bosque mulai melakukan rotasi pemain dengan memainkan Mata dan Cazorla, dengan membangkucadangkan Puyol dan Riera yang pada laga pertama bermain sangat baik. Sehingga serangan dari sisi kiri yang menjadi andalan pada laga pertama, kali ini saat melawan Irak menjadi kurang mendominasi.

Tapi bukan berarti timnas Irak tidak pernah mengancam Spanyol, mereka juga sesekali melakukan serangan balik ketika memanfaatkan bola yang lepas dari gelandang-gelandang Spanyol, namun ada pemain belakang Spanyol yang menurut saya dapat diacungi jempol, dia adalah Gerard Pique. Pique menjaga pertahana dalam menghadapi serangan balik dengan cukup baik, dia juga yang sering membuat lini depan Irak sering kehilangan bola.

Sampai peluit tanda babak pertama usai kedudukan sementara kedua tim masih 0-0.  Pada babak kedua tidak banyak perubahan dari segi permainan dan pemain. Pertandingan masih seperti di babak pertama, untungnya Spanyol berhasil memecah kebuntuan dengan gol yang dihasilkan oleh david Villa pada menit ke-55, sehingga kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol. Villa mencetak gol melalui sundulan kepala, setelah memanfaatkan umpan matang dari Capdevilla, Capdevilla kini telah memberikan 3 assist yang berujung gol pada kompetisi ini.

Setelah gol tersebut, permainan Spanyol masih tetap sama dengan terus menyerang pertahanan Irak, namun tidak ada gol tambahan lagi, karena Irak semakin merapatkan pertahanannya dengan sesekali memanfaatkan serangan balik juga. Sampai pertandingan babak kedua usai, skor masih tidak berubah yakni 1-0 dengan keunggulan Spanyol. Spanyol kini memimpin grup A dengan poin 6 diikuti oleh tuan rumah Afrika Selatan dengan poin 4, karena berhasil mengalahkan Selandia Baru dengan skor 2-0, 2 gol tersebut dicetak oleh Bernard Parker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s