Membuat video tutorial dengan Camtasia Studio 6

Satu lagi software untuk membuat video tutorial, setelah Plato dan BB Flashback, namanya adalah Camtasia Studio 6.  Cara kerjanya hampir mirip dengan software-software sebelumnya, namun salah satu sisi spesialnya dari software kali ini kita dapat langsung mengupload video hasil editan kita ke Screencast.com atau ke youtube, lebih mudah kan tanpa menghasilkan ke dalam format video terlebih dahulu.

Selain itu Camtasia Studio 6 ini juga menyediakan fitur atau aplikasi tambahan selain Camtasia Recorder seperti Camtasia Menu Maker, Camtasia Player, dan Camtasia Theater. Ditambah terdapat fitur untuk Power Point Recorder.

Tampilan awal Camtasia Studio 6

Camtasia Studio

Kalau dilihat dari tampilan awal di atas seperti Windows Movie Maker ya :D . Cara kerjanya pun hampir-hampir mirip kita dapat mengedit-edit sesuka hati video yang baru saja anda rekam. Format hasil dari video ini juga dapat anda pilih dengan cara klik Produve video as… lalu pilih Custom production settings, setelah pilih format output video sesuka anda. Seperti gambar di bawah ini :

Format file video

Hasil gambar yang dihasilkan juga bagus. Pokoknya oke deh kalau mau buat tutorial dengan video. Link untuk download Camtasia Studio 6 di sini.

Video tutorial menggunakan Camtasia Studio 6, thanks untuk yang mengupload :

About these ads

43 thoughts on “Membuat video tutorial dengan Camtasia Studio 6”

  1. Saya belum paham tentang langkah-langkah pada saat sedang mengedit, seperti cara mengkopi agar lagunya/foto/video jadi panjang sesuai kita mau….. sblmnya trimaksh….

    1. wah ga ada mas,,bisa dicari kok di idws kalo yg udh complete..

      maaf sebelumnya kalau saya tidak menyediakan “krek” di blog ini…

  2. sorry mau ikutan nimbrung, saya udh coba download camtasia studionya, tp waktu diinstall knp gagal terus ya…
    mhn dibantu

    1. pake OS windows apa gan…. kalo xp seharusnya lancar saja,,kalo di win 7 mungkin sebelumnya pada file installer di klik kanan pilih run as admin..

  3. trims ifonya sangat bermanfaat, sy lagi belajar cara buat video tutorial untuk kepentingan belajar online, barangkali ada info lebih situnggu. trims

  4. makasih gan,,
    ane pakai versi 7..kira2 sama nggak ya gan caranya,,
    ntar ane coba setelah selesai DL nya,,
    ane pengen edit video yang kita ambil dari YT,,bisa ya ??

    1. wah saya sendiri belum coba yg versi 7 dan belum pernah edit video dari YT :D,,camtasia ini saya gunakan untuk merekam aktivitas yg terjadi di desktop saja…

  5. OYA ,, DULU AQ PERNAH MEMOTRET SREEN PAKE CAMTASIA.. TRZ LAPTOP TAK INSTAL ULANG,,N Q PSG CAMTASIA LG.. TP MENU BWT MOTRET SREEN KOK Q LUPA YA… PASTI MSUKNY WEBCAM TRZ J.. PLEASE BLZ KE EMAIL Y

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s